Buat blogger yang masih baru belajar ngeblog di blogger pasti pernah deh ngalami posting baru di blog dan waktu cek postingan baru terlihat ada tanda tang atau obeng di tiang wodget, itu artinya sobat sedang posisi login di blogger.com tapi jika sobat logout tanda ini tidak tampak di browser halaman URl Blogspot sobat.

Sobat tidak perlu kawatir tanda itu merupakan sebuah tool yang berfungsi untuk mengedit widget secara langsung pada halaman blog.  Sehingga Anda tidak perlu lagi masuk ke menu Page Elements untuk melakukan pengeditan. Dengan demikian sobat akan bisa lebih mudah untuk mengedit blog sobat. Jadi jika kita masuk ke blog kita tanpa login ke blogger maka icon ini tidak akan muncul begitu juga pengunjung yang mengunjungi blog kita. Tapi jika sobat tidak menginginkannya bisa dihapus kok, begini caranya :

1. Login ke Blogger. Klik Design -> Edit HTML.
2. Lalu backup template blog sobat dahulu dengan cara klik pada Download Full Template
3. Jika sudah, beri centang pada "Expand Widgets Templates"
4. Tekan Ctrl+F untuk membuka kotak Find
5. Ketikkan kode <b:include name='quickedit'/> ke dalam kotak lalu klik Next
6. Jika sudah ketemu, hapus kode tersebut. Setiap kode <b:include name='quickedit'/> mewakili satu icon tang dan obeng jadi jika template Anda terdapat lebih dari satu icon tang dan obeng. Gunakan Ctrl+F untuk mencarinya.
7. Kalau sudah menghapus semuanya. Klik Save Template lalu klik View Blog untuk melihat hasilnya. Sekarang semua icon quick edit yang berbentuk tang dan obeng sudah tudak ada lagi. Jika masih ada, mungkin masih ada kode <b:include name='quickedit'/> yang belum terhapus. Coba cari kembali dengan cara diatas.

Keterangan :

Keuntungan menghapus code diatas ternyata mengurangi error validasi blog di www.validator.w3.org

0 komentar:

Post a Comment