Sintaks HTML5 saat ini sedang dikembangkan sebagai revisi utama berikutnya dari HTML (HyperText Markup Language), bahasa markup inti dari World Wide Web. HTML5 adalah standar berikutnya diusulkan untuk HTML 4.01, XHTML 1.0 dan DOM Level 2 HTML.HTML5 juga mencakup Formulir Web 2.0, spesifikasi lain WHATWG. Selain menetapkan markup, HTML5 scripting menentukan application programming interfaces (API)yang ada Dokumen object model (DOM) antarmuka yang diperpanjang ada juga API baru, seperti:

#Unsur kanvas untuk menggambar model 2D
#Jangka waktu media pemutaran
#Offline penyimpanan database (aplikasi web offline)
#Dokumen untuk mengedit
#Drag-dan-drop
#Cross-dokumen pesan
#Browser sejarah manajemen
#Tipe MIME dan pendaftaran protokol penangan.
#Microdata

Seperti yang kita ketahui ada HTML ada juga css yang mendukung, CSS yang mendukung bahasa html 5 adalah CSS3 apabila sudah di terapkan bahasa tersebut kedalam web kita bisa menceknya di W3C yang akan berkata selamat anda sudah menerapkan HTML5 di dalam web anda yang berarti semua pharse dan sintaxs sudah valid dan tidak salah. Inti dari html 5 ini sebenarnya untuk membenarkan sintaxs <div> dan juga <span> yang di gunakan dalam semantik umum dan memperkenalkan unsur audio, video..Kesimpulannya halaman akan di bagi menjadi bagian yang terpisah seperti konten utama, menu, headers, footer dll.
oke.. biar ga bingung dibawah adalah unsur baru yang ada di html 5:

1.Sebuah tag baru <section>
Tag <section> baru dapat digunakan untuk mengidentifikasi bagian yang terpisah pada halaman, bab, buku. Keuntungannya adalah setiap bagian dapat memiliki HTML terpisah. Seperti dengan tag <article>, mesin pencari akan lebih memperhatikan isi bagian yang terpisah. Misalnya, jika kata-kata dari sebuah string pencarian ditemukan di satu bagian, ini menunjukkan relevansi yang lebih tinggi dibandingkan dengan  kata-kata yang ditemukan di seluruh halaman atau dalam bagian yang terpisah.

2.tag baru <header>
Tag <header> baru (yang berbeda dari unsur kepala) merupakan rahmat bagi para ahli SEO karena memberikan banyak fleksibilitas. Tag <header> sangat mirip dengan tag <h1></h1>
tetapi perbedaannya adalah ini bisa mengandung banyak arti, seperti H1, H2, H3 elemen, seluruh paragraf teks,link yang kuat, dan jenis lain dari informasi yang relevan.

3. Sebuah tag baru <footer>
Tag <footer> mungkin tidak berguna sebagai <header>tetapi masih memungkinkan untuk memasukkan informasi penting di sana dan dapat digunakan untuk tujuan SEO juga. <header> dan tag <footer> dapat digunakan berkali-kali dalam satu halaman.yaitu sobat dapat memiliki header yang terpisah / footer untuk setiap bagian dan ini benar-benar memberikan banyak fleksibilitas.

4.Sebuah tag baru <nav>
Navigasi merupakan salah satu faktor penting untuk SEO dengan navigasi semua bisa mudah untuk penguna.Tag <nav> baru dapat digunakan untuk mengidentifikasi sebuah koleksi link ke halaman lain. 


Kalau di kaitkan dengan pengaruh seo ini jelas mempunyai perbedaan karena mesin pencari akan lebih memperhatikan element baru seperti:

article, aside, audio, canvas, command, datalist, details, embed, figcaption, figure, footer, header, hgroup, keygen, mark, meter, nav, output, progress, rp, rt, ruby, section, source, summary, time, video

Itu adalah element baru yang akan di terapkan di dalam html 5 yang akan membuat web menjadi sederhana dan berkembang lebih baik.

sumber: http://seoconsult.co.uk

3 comments:

  1. wah.., kesimpulannya gimana sob...
    paling baik SEO atau enggak terus berpengaruh nggak sama SERP..

    ReplyDelete
  2. Untuk SEO sudah pasti, trus dimata SERP berpengaruh banyak, paling klo kita sudag banyak postingan otomatis mesti banyak yang harus diupdate terutama halaman posting lama yang banyak menampilkan gambar, karena byk penulisannya yang berbeda klo kita nerapin HTML5.

    ReplyDelete

Follow by Email

About Me